WEB LAMA
16 November 2019

SERBA SERBI DUKUH NGLAWAR

Dukuh Nglawar merupakan salah satu pedukuhan yang ada di Desa Purwosari. Pedukuhan ini terletak di sisi paling utara Desa Purwosari dan berbatasan dengan Desa Baron. Secara kewilayahan Dukuh Nglaewar terdiri dari 2 RT yaitu RT 01 RW 01 dan RT 02 RW 01.

 

Hasil pendataan yang dilakukan secara internal oleh Pemerintah Desa Purwosari pada akhir tahun 2018 menyebutkan bahwa jumlah penduduk dukuh nglawar adalah 503 orang di mana 245 adalah laki-laki dan sisanya 258 adalah perempuan. Berdasarkan status perkawinan, sebanyak 259 berstatus kawin, 198 belum kawin dan sisanya 46 berstatus cerai baik cerai mati maupun cerai hidup.

 

Masih berdasarkan hasil pendataan di akhir tahun 2018, jumlah balita di Dukuh Nglawar adalah 21 orang. Penduduk usia sekolah atau 5 s/d 18 tahun ada 98 orang. Penduduk usia produktif dari 18 s/d 60 tahun ada 288 orang dan sisanya 96 merupakan usia lanjut atau di atas 60 tahun.

 

Yang menarik dari Dukuh Nglawar yaitu di pedukuhan ini banyak ditemui hewan ternak baik sapi maupun kambing, untuk itu tidak salah bila Dukuh Nglawar disebut sebagai kampung peternak. Di antara beberapa peternak terdapat satu peternak sapi yang kreatif dan inovatif. Skala usaha ternaknya pun paling besar diantara peternak lainnya. Peternak yang dimaksud tidak hanya mempunyai konsep tentang cara beternak sapi. Tapi juga mampu mengelola limbah kotoran sapi menjadi sumber gas atau biogas. Di samping itu, peternak juga mampu menciptakan pakan ternak untuk memenuhi sebagian kebutuhan makanan hewan ternak.

 

 

SYAIFUDIN ROZAKI (SEKRETARIS DESA)    DARTO SUSANTO (KAMITUWO 1)    SUGENG LAMIDI (KAMITUWO 2)    HARI SUPRAYITNO (KAMITUWO 3)    SUHARNO (KASI KESEJAHTERAAN)    FATMIATI (KAUR KEUANGAN)    ALDORA AYU FITRI MAHARANI (KAUR PERENCANAAN)    JARWO ADI SAPUTRO (KASI PELAYANAN)    NURUL NUR AGUSTINA (KAUR TU DAN UMUM )    HARTONO (KEPALA DESA)    DIYAH SANTI MUHARRAMAH (KASI PEMERINTAHAN)